1. Seorang guide
harus menghindari berdiskusi dan berargumentasi tentang agama, politik, dan
ras.
2. Seorang guide
harus menyediakan informasi yang terpercaya kepada wisatawan, tepat, dan paling
update.
update.
3. Tidak membahas
tentang permasalahan dalam perusahaannya.
4. Seorang guide
tidak boleh membicarakan tentang masalah pribadi kepada tamu untuk
mengharapkan uang atau bantuan lainnya.
mengharapkan uang atau bantuan lainnya.
5. Diakhir tour
seorang guide harus dapat memberikan kesan yang baik hingga tamu mau datang
kembali.
kembali.
6. Memberi kesan
yang baik tentang kebudayaan guide.
7. Dapat memberikan
suasana yang hangat dan menyenangkan serta kesopanan sebagai
budaya dari Indonesia.
budaya dari Indonesia.
8. Tidak meminta
komisi.
9. Seorang guide
harus mengerti budaya dan latar belakang tamu dan memastikan mereka
mematuhi peraturan/hokum/kehidupan social yang berlaku di Indonesia.
mematuhi peraturan/hokum/kehidupan social yang berlaku di Indonesia.
10. Sabar, sence of
humor.