Siapa yang tidak
tergoda dengan tiket supermurah yang ditawarkan maskapai berbiaya rendah?
Namun, semua orang perlu tahu bahwa masih ada bermacam-macam ongkos tambahan
yang tidak tercantum di iklan maskapai murah. Jika konsumen tidak jeli, harga
yang harus dibayar bisa beberapa kali lipat dari tarif yang diiklankan.
Banyaknya ongkos
tambahan ini sering mengundang kritik dari konsumen. Percaya tidak, sebuah
maskapai murah asal Eropa pernah berencana menarik ongkos bagi penumpang yang
ingin menggunakan toilet pesawat. Untungnya, rencana itu tak terlaksana karena
ada protes keras dari konsumen.
Meski tidak semua
biaya tambahan ini bisa dihilangkan, ada beberapa cara untuk menekan jumlahnya.
Simak panduan berikut ini untuk menghindari ongkos tambahan yang tak perlu.
Bersahabat Dengan Internet
Untuk mendapatkan
tawaran harga terbaik, Anda harus memesan tiket melalui situs resmi maskapai
penerbangan. Konsumen akan dibebankan biaya pemesanan yang lebih mahal kalau
membeli tiket lewat agen. Selain itu, tarif promosi yang sering diiklankan
biasanya hanya berlaku untuk pembelian lewat situs resmi.
Lakukan Check–In Mandiri
Dengan dalih
efisiensi, ada maskapai penerbangan yang menarik biaya bagi penumpang yang
memilih check-in di bandara. Barangkali ini terdengar mengada-ada dan merugikan
konsumen. Bukankah sudah menjadi kewajiban semua maskapai penerbangan untuk
melayani penumpang yang check-in?
Sayangnya, Indonesia
belum punya peraturan untuk melarang ongkos tambahan ini. Satu-satunya cara
menghindarinya adala dengan melakukan check-in mandiri via Internet atau lewat
aplikasi khusus di telepon seluler. Minta bantuan teman atau keluarga bila Anda
belum familiar.
Abaikan Tawaran Asuransi
Konsumen awam mungkin
akan terusik dengan tawaran asuransi yang muncul saat memesan tiket lewat
Internet. Tak perlu ragu untuk mengklik “tidak” karena semua penumpang
sebenarnya sudah diasuransikan. Itu hanya asuransi tambahan yang memberi Anda
perlindungan ganda. Kalau Anda berminat dengan asuransi tambahan, sebaiknya
langsung membeli lewat kantor perusahaan asuransi yang menawarkan program
perlindungan lebih lengkap dengan tarif jauh lebih murah.
Cukup Bawa Tas Kabin
Apakah mungkin terbang
ke luar negeri hanya berbekal tas kabin yang beratnya di bawah 7 kg? Sangat
mungkin dan banyak orang sudah melakukannya untuk menghindari biaya bagasi yang
mahal.
Tak sulit menemukan
layanan pencucian baju di lokasi wisata populer di negara-negara Asia. Jadi,
mengapa Anda harus membawa banyak pakaian? Barang-barang yang bisa didapatkan
dengan mudah di lokasi tujuan sebaiknya juga tak perlu dibawa.
Misalnya makanan,
sabun, shampo dan berbagai produk perawatan tubuh lainnya. Meski kelihatan
sepele, ini bisa mengurangi berat barang bawaan secara signifikan.
Abaikan Tawaran Memilih Kursi
Anda tak perlu
tergoda dengan iming-iming kursi yang nyaman atau tawaran naik ke pesawat lebih
dulu karena semua itu tidak diberikan secara gratis. Pikirkan lagi, apakah Anda
perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk mendapatkan kursi di dekat jendela?
Lagipula, Anda masih bisa mendapatkan tempat duduk nyaman tanpa mengeluarkan
biaya tambahan.
Anggota rombongan
kecil atau pasangan yang check-in bersamaan otomatis akan mendapatkan kursi
yang berdekatan. Seperti penerbangan lainnya, maskapai murah biasanya juga
memberi kesempatan lebih dulu bagi orang usia lanjut dan penumpang yang membawa
anak kecil untuk naik ke pesawat. Kalau Anda masuk kategori tersebut, tak perlu
mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk naik ke pesawat lebih dulu.
Jangan Membeli Makanan Di Pesawat
Makanan yang dijual
di pesawat harganya jauh lebih mahal dari toko di darat. Sebagai alternatif, Anda
bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran. Namun harus diingat,
Anda tidak dibolehkan membawa minuman saat melewati pemeriksaan di bandara.
Namun, makanan dalam bentuk padat masih bisa dibawa ke dalam kabin.
Beberapa maskapai
penerbangan melarang penumpangnya mengonsumsi makanan yang dibawa sendiri.
Meskipun begitu, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini. Jika ingin konsumsi
makanan yang dibawa sendiri, sebaiknya Anda melakukannya secara tidak mencolok
supaya terhindar dari perhatian awak kabin.
Periksa Ulang Sebelum Konfirmasi Pembayaran
Saat memesan tiket
lewat Internet, beberapa biaya tambahan baru muncul setelah kita mengisi data
diri dan siap mengonfirmasi pembayaran. Tentunya ini agak menjengkelkan karena
seolah-olah perusahaan penerbangan menyembunyikan harga asli yang harus dibayar
konsumen.
Tiap maskapai
penerbangan punya istilah yang berbeda untuk menyebut biaya tambahan ini. Ada
yang menyebutnya convenience fee, biaya pemesanan, biaya administrasi, dan
masih banyak istilah lainnya. Perbedaan ini membuat konsumen makin kesulitan
membandingkan harga serta menghitung ongkos tiket keseluruhan. Karena itu,
sebelum mengonfirmasi pembayaran, pastikan Anda memeriksa ulang semua biaya
yang harus dikeluarkan.
Sumber :
Hairun
Fahrudin from www.yahoo.com