Adult
Adult;
kategori dewasa dalam tiket, tidak akan mendapat diskon pada saat pembelian
tiket.
Airport Service Charge / Passenger Service
Charge
Airport
Service Charge / Passenger Service Charge; Biaya yang dibebankan oleh pengelola
bandara kepada penumpang pesawat udara yang menggunakan pelayanan bandar udara
yang bersangkutan karena ikut memanfaatkan jasa-jasa pelayanan dan penggunaan
fasilitas terminal bandar udara tersebut.
Auxiliary Service Operator
Auxiliary
Service Operator; Penyelenggara atau penyedia pelayanan meliputi akomodasi
hotel, tour, car rental, air taxi, maupun surface transportation yang berkaitan
dengan perjalanan penumpang.
Baggage Allounce
Baggage
Allounce; Kapasitas bagasi/barang yang
boleh dibawa oleh penumpang untuk keperluan atau kenyamanan penumpang selama
dalam perjalanan.
Baggage Claim Area
Baggage
Claim Area; tempat/area pengambilan bagasi di airport.
Baggage Tag
Baggage
Tag; Tanda pengenal dari bagasi atau nomor bagasi.
Boarding Pass
Boarding
Pass; alat/syarat yang memungkinkan Anda untuk menaiki pesawat terbang.
Boarding Airline / Boarding Member
Boarding
Airline; Penerbangan atau airline yang mengangkut penumpang dari suatu kota
keberangkatan atau boarding point.
Boarding Point
Boarding
Point; kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan berangkat memakai suatu
penerbangan tertentu.
Booking / Reservation
Booking
/ Reservation; pemesanan tempat atau akomodasi yang dibuat atau dimiliki
penumpang.
Cancellation Fee
Cancellation
Fee; Pembayaran atas pembatalan.
Carrying Member / Carrying Airline
Carrying
Member / Carrying Airline; Setiap airline yang ikut aktif mengangkut dalam
suatu perjalanan penumpang.
Charter Airline
Charter
Airline; Bisnis menyewa seluruh pesawat (yaitu, penyewaan) sebagai lawan kursi pesawat individu (yaitu,
pembelian
tiket melalui maskapai tradisional).
Check-in
Check-in;
tindakan yang dilakukan oleh tamu atau penumpang untuk melaporkan diri kepada
pihak hotel maupun airline.
Children
Children;
Children (2tahun - 12tahun), kategori anak-anak yang akan dikenakan diskon pada
saat pengissuedtan tiket. Akan tetapi, penerbangan lokal Indonesia hanyalah
Garuda Indonesia yang memberikan diskon pada anak-anak.
Continue Itinerary
Continue
Itinerary; Segmen lanjutan (tidak termasuk Gap) yang dimiliki penumpang dalam
suatu perjalanan.
Computer Reservation System (CRS)
Computer
Reservation System (CRS); Sistim komputer yang memuat informasi tentang jadwal
penerbangan, ketersediaan tempat (seat), harga (fare) dan pelayanan (service)
lainnya yang terkait dengan perjalanan penumpang. Sistim ini juga dapat untuk
melakukan transaksi reservasi dan proses pengeluaran tiket.
Connecting Flight
Connecting
Flight; pemberhentian pesawat terbang di suatu tempat tertentu, kemungkinan
untuk pergantian pesawat, biasanya terjadi pada penerbangan internasional.
Destination
Destination;
tempat tujuan penerbangan, tempat yang merupakan tujuan akhir dari suatu
perjalanan.
Deplanning point
Deplaining
point; Kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan mengakhiri perjalanannya
dalam suatu penerbangan tertentu.
Direct Flight
Direct
Flight; Penerbangan langsung dari origin point menuju destination tanpa ada
transit.
Duplicate Reservation
Duplicate
Reservation; Dua pembukuan atau lebih yang dibuat oleh seseorang atau beberapa
penumpang yang sama, sedangkan penumpang tersebut hanya dapat menggunakan salah
satu dari reservasi tersebut.
Endorsement
Endorsement;
Otorisasi dari
perusahaan penerbangan kepada pejabatnya untuk memindahkan hak pemakaian dari
ticket atau flight coupon kepada perusahaan penerbangan yang lain.
Estimate Time Arrival (ETA)
Estimate
Time Arrival (ETA); Ketika sebuah kapal,
kendaraan, pesawat, kargo, layanan darurat atau komputer diharapkan tiba di tempat tertentu. ETA Biasanya berarti - perkiraan waktu / diharapkan dari kedatangan / untuk mencapai / tersisa.
Estimate Time Departure (ETD)
Estimate
Time Departure (ETD); Data dan waktu di
mana perjalanan udara atau kapal diperkirakan
akan berangkat dari sebuah kota melalui bandara atau pelabuhan.
Exchange Voucher
Exchange
Voucher; Voucher yang di
keluarkan oleh BPW yang ada di dalam negeri sebagai pengganti voucher yang di
bawa wisatawan dari negaranya.
Fare
Fare;
harga yang dikenakan pada penumpang ketika membeli tiket. Fare terdiri dari
Fare basic, Fuel Surcharge, Tax, dan Iuran Wajib Jasa Raharja.
Flight Coupon
Flight
Coupon; kupon yang harus diisi sesuai dengan data reservasi penerbangan.
Flight Number
Flight
Number; nomor penerbangan suatu airline.
Gap
Gap;
Bagian dari Itinerary penumpang yang melibatkan transportasi lain di luar
airline. Untuk airport yang berbeda tetapi berlokasi pada satu kota yang sama,
tidak dikategorikan sebagai Gap.
Group
Group;
Permintaan reservasi dari rombongan penumpang dengan jumlah sepuluh orang atau
lebih (tidak termasuk bayi) yang bermaksud melakukan perjalanan bersama.
High Season
High
Season; masa dimana permintaan terhadap kamar/tiket sangat tinggi, sehingga
hotel dan airline sering menaikkan harga kamar/tiket. High season terjadi pada
hari-hari besar seperti Natal, Idul Fitri, Tahun Baru, dll.
Inadmissible Passenger
Inadmissible
Passenger; Penumpang yang tiba dari suatu penerbangan tetapi kedatangannya
ditolak oleh badan yang berwenang di negara tersebut.
Incentive Travel
Incentive
Travel; Perjalanan liburan diatur oleh atau melalui majikan dan diberikan sebagai bonus motivasi untuk kualifikasi karyawan atau penjual.
Handicap Passenger
Handicap
Passenger; Penumpang yang cacat. Untuk itu, airline selalu memberikan
fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh penumpang yang cacat, seperti
kursi roda, dll.
Infant
Infant;
Infant (0bulan – 23bulan), memiliki tingkat diskon yang mencapai 75% dari total
fare.
Inclusive Tour
Inclusive
Tour; Paket wisata (package tour, inclusive tour) diartikan sebagai suatu
perjalanan wisata dengan satu atau lebih tujuan kunjungan yang disusun dari
berbagai fasilitas perjalanan tertentu dalam suatu acara perjalanan yang tetap,
serta dijual dengan harga tunggal yang menyangkut seluruh komponen dari
perjalanan wisata. Sebelum memahami paket wisata, harus dipastikan apakah dalam
rangkaian komponen-komponen wisata tersebut terdapat acara mengunjungi
objek/atraksi wisata. Bila hanya paket perjalanan (transportasi) dan akomodasi
saja, tidak dapat dikatakan paket tour. Paket tersebut hanyalah paket
perjalanan Free and Eazy, sementara program tour bisa dipilih sendiri (biasanya
memilih seat-in-coach/SIC yang biasanya tersedia di hotel-hotel ).
Interchange Flight
Interchange
Flight; Penerbangan yang dioperasikan oleh dua atau lebih perusahaan
penerbangan dengan menggunakan peswat yang sama dari suatu boarding point
sampai deplaning point untuk memberikan keuntungan perjalanan langsung kepada
penumpang.
Interline point
Interline
point; Setiap kota atau airport dalam suatu itinerary penumpang, tempat
penumpang berganti atau berpindah penerbangan dari suatu airline ke
airline lainnya.
Itinerary
Itinerary;
Keseluruhan perjalanan penumpang dari awal hingga akhir, meskipun di dalamnya
terdapat atau dipisahkan oleh gap.
Late Cancelation
Late
Cancelation; Pembatalan reservasi yang dilakukan penumpang menjelang saat
keberangkatan sehingga airline tersebut tidak mungkin menjualnya kembali.
Leg
Leg; jarak
antara pemberhentian penerbangan yang berurutan pada satu perjalanan.
Low Season
Low
Season; Suatu periode dalam setahun dimana arus perjalanan
wisatawan rendah.
Married Segment
Married
Segment; Penggabungan antara connecting flight dengan leg yang hanya mempunyai
perbedaan pada origin dan destination.
Minimum Connecting Time
Minimum
Connecting Time; Waktu minimum yang
dibutuhkan operator untuk
mentransfer penumpang dan bagasi dari satu penerbangan ke penerbangan yang lain.
Missconnection
Missconnection;
Suatu situasi yang terjadi apabila seorang penumpang yang terlambat tiba di
interline point akibat dari terlambatnya penerbangan, sehingga tidak dapat
melanjutkan perjalanan dengan penerbangan berikutnya.
Miscellaneous Chargers Order
Miscellaneous
Chargers Order; Suatu situasi yang terjadi apabila seorang penumpang yang
terlambat tiba di interline point akibat dari terlambatnya penerbangan,
sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan dengan penerbangan berikutnya.
No Record Passenger
No Record
Passenger; Suatu keadaan ketika penumpang yang telah memiliki reservasi dan
menunjukkan tiket dengan status confirm atau ok, tetapi airline office dari
boarding member di kota tersebut tidak memiliki catatan transaksi (record) yang
menyatakan bahwa airline pernah memberikan reservasi kepada penumpang tersebut
atau menerima reservasi dengan status confirm atau ok seperti yang tertera pada
tiket.
No Show Passenger
No Show
Passenger; Suatu kelalaian penumpang untuk menggunakan penerbangan yang telah dipesan
atau dibuatnya. No Show terdiri dari kata No = Tidak dan kata Show = Lihat,
jadi secara umumnya No Show dapat diartikan tidak terlihat atau tidak
kelihatan. Kenapa No Show bisa terjadi? Berikut beberapa hal yang bisa
menyebabkan terjadinya No Show.
Penumpang yang
tidak hadir karena alasan tertentu. Penumpang yang tidak hadir pada saat
pesawat akan berangkat dan dia mempunyai reservasi pada jadwal penerbangan itu,
maka penumpang ini disebut telah No Show.
Kelalaian pihak
airlines atau travel agent. Kelalaian dalam membatalkan reservasi oleh pihak
airlines atau travel agent dimana penumpang sebelumnya sudah melakukan
konfirmasi untuk membatalkan perjalanannya kepada bagian reservasi airlines
atau travel agent.
Reservasi fiktif.
Adanya reservasi yang telah reconfirm namun fiktif atau lain kata tiket untuk
reservasi tersebut tidak ditulis dan penumpang atas nama seperti yang tertera
pada reservasi tersebut tidak ada. Hingga sampai pada saat pesawat sudah
terbang reservasi ini tidak dibatalkan oleh si pembuat reservasi.
Untuk penumpang
yang No Show ini biasanya masing masing Airlines menetapkan atau mengenakan
biaya kepada penumpang atas ketidak hadirannya tersebut atau juga kepada
pembuat reservasi atas kelalaiannya tersebut. Besarnya biaya yang dikenakan tergantung
dari masing masing airlines.
Non Carrying Airline / Non Participating
Airline
Non
Carrying Airline / Non Participating Airline; Airline yang tidak ikut
berpartisipasi dalam menerbangkan penumpang, tetapi menangani permintaan atau
pembuatan reservasinya.
Opendate Ticket
Opendate
Ticket; Tiket penerbangan yang telah di terbitkan dengan tanggal keberangkatan
dan atau nomor penerbitan yang belum bisa di pastikan. Bagi pemegang tiket
terbuka yang akan melakukan penerbangan, lebih dahulu harus meminta kepastian
(konfirmasi) kepada perusahaan penerbangan.
Originating Airline / Originating Member
Originating
Airline / Originating Member; Airline yang mengawali pengangkutan penumpang
sesuai dengan portion pertamanya di dalam suatu itinerary penumpang.
Origin
Origin;
Kota awal sebelum keberangkatan dimana seorang penumpang memulai perjalanan.
Over Booking
Over
Booking; Sutu keadaan ketika perusahaan airline melakuakn penerimaan reservasi
melebihi kepasitas yang dapat dijual.
Over Sale
Over Sale;
Sebuah kondisi dimana harga sebuah aset telah merosot tajam, dan ketingkat
bawah yang nilai sebenarnya berada.
Passenger Name Record
Passenger
Name Record; Catatan transaksi reservasi yang telah dibuat oleh setiap
penumpang, lengkap dengan berbagai informasi yang diperlukan untuk memproses
dan mengontrol transaksi reservasi tersebut, baik oleh kantor penjualan maupun
participating airlines.
PNR Address
PNR
Addres; Suatu nomor file referensi yang diberikan oleh sistem komputer
reservasi untuk setiap transaksi reservasi atau Passenger name Record.
Predesignated
Points
Predesignated
Points; Alamat kota atau lokasi dari masing-masing airline sebagai tujuan
pengiriman ataupun permintaan transaksi reservasi.
Preflight Checked
Preflight
Checked; Prosedur yang dilakukan oleh masing-masing airline untuk melakukan
check terhadap seluruh catatan transaksi reservasinya guna memastikan seluruh
transaksi reservasi telah benar.
Prepaid Ticket Advice (PTA)
Prepaid
Ticket Advice (PTA); Pemberitahuan melalui teletype komersial atau surat bahwa
seseorang dalam satu kota dapat meminta penerbitan prabayar transportasi ke
orang lain di kota lain.
Reconfirmation
Reconfirmation;
ketentuan yang digunakan oleh beberapa airline yang mengharuskan penumpang
melapor kembali atau menghubungi airline tersebut guna memastikan keberangkatan
nya atas transaksi reservasi yang dimiliki atau yang telah dibuatnya.
Rebooking
Rebooking;
Perubahan terhadap jam dan jadwal pembukuan.
Revalidation
Revalidation;
Stempel resmi atau penulisan pada kupon penerbangan atau pada flight coupon
yang menunjukkan bahwa itu telah resmi di ubah oleh pihak pengangkut.
Change Date
Change
Date; Perubahan tanggal atau jadwal
tiket penerbangan sesuai dengan keinginan penumpang.
Schedule Airline
Schedule
Airline; Jadwal penerbangan dari suatu airline yang diumumkan secara resmi
melalui time table atau Official Airline Guide (OAG) denagn menggunakn 2/3
kode angka / huruf yang merupakan singkatan dari airline dan kota-kota yang diterbangi,
yaitu 3 letter city / airport codes.
Schedule Change
Schedule
Change; Setiap perubahan jadwal penerbangan yang harus disampaikan kepada
setiap penumpang yang telah memiliki reservasi. Perubahan tersebut dapat berupa
perubahan jam keberangkatan / kedatangan., perubahan nomor penerbangan,
frekuensi penerbangan, perubahan kelas pembukuan, rute dan sebagainya.
Segment
Segment;
Sebuah leg atau sekelompok leg dari boarding point seorang penumpang hingga
deplaning point pada suatu penerbangan tertentu.
Go Show
Go Show;
Go Show terdiri dari kata Go = Pergi dan kata Show = Lihat, jadi secara
kasarnya Go Show berarti pergi dan lihat. Pergi berarti kita sebagai calon
penumpang langsung menuju kebandara untuk mendapatkan tiket keberangkatan dan
lihat berarti kita melihat apakah ada kemungkinan untuk kita bisa mendapatkan
seat untuk perjalanan kita tersebut. Go Show biasanya dilakukan oleh calon
penumpang yang mendesak untuk berangkat dimana tiket untuk keberangkatan ini
tidak bisa lagi dilakukan reservasinya dikantor penjualan kota airlines maupun
di travel agent. Waktu Go Show ini biasanya adalah 2-3 jam sebelum waktu
keberangkatan pesawat. Cara mendapatkan seat go show ini sama
seperti melakukan reservasi seat pada umumnya, namun yang membedakan adalah
reservasi go show hanya dapat dilakukan oleh staff airlines yang bertugas
dibandara.
Transit
Transit;
Kendaraan penumpang ( pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dsb) yang
berhenti sementara di suatu tempat tertentu menambah konsumsi, dsb.
Stop Over
Stop Over;
Pemutusan atau penghentian perjalanan yang dilakukan atas kehendak dan atas
persetujuan sebelumnya oleh airline yang bersangkutan, di satu kota antara
tempat keberangkatan dan tujuan.
Arrunk
Arrunk;
Waktu kedatangan pesawat tidak diketahui.
Hub and Spoke
Hub and
Spoke; Sistem transportasi udara dimana bandara lokal menawarkan transportasi
udara ke bandara pusat dimana penerbangan jarak jauh yang tersedia.
Checked Baggage
Checked
Baggage; Bagasi terdaftar adalah bagasi penumpang yang di muat khusus di dalam
ruang barang pesawat (baggage compartement) setiap bagasi penumpang tersebut
akan di berikan lebel baggage atau claim tag dengan demikian semua bagasi
penumpang akan terdaftar dan kemungkinan kehilangan bagasi sangat kecil.
Terminal
Terminal;
Komponen penting dalam system transportasi yang di representasikan dengan titik
dimana penumpang dan barang masuk dan keluar dari system dan juga di sebut
sebagai prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan
orang atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.
Runway
Runway;
Jalur landasan pacu naik turunnya pesawat.
Ticketing Time Limit
Ticketing
Time Limit; Batas waktu yang telah ditetapkan oleh Airline, yakni penumpang
yang telah memiliki reservasi konfirm harus sudah membeli tiket, atau bagi
penumpang yang telah holding tiket tetapi harus direvalidasi ataupun reissued.
Unaccompanied Minor
Unaccompanied
Minor; Seorang anak di bawah 12 tahun yang berpergian dengan pengawalan
yang di sediakan oleh perusahaan
penerbangan.
Very Important Person (VIP)
Very
Important Person (VIP); Penumpang pesawat yang harus mendapat perlakuan yang
sangat istimewa.
Excess Baggage
Excess
Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat terbang melebihi batas berat yang di
tentukan. Untuk setiap KG kelebihan berat barang di kenakan satu persen dari
harga tiket kelas eksekutif.
Unchecked Baggage
Unchecked
Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat udara yang diizinkan untukdibawa masuk
dalam kabin penumpang.
Cargo
Cargo; Semua
barang yang dikirim melalui udara (pesawat terbang), laut (kapal) atau darat
(truk kontainer) untuk diperdagangkan, baik antar wilayah atau kota di dalam
negeri maupun antar negara (internasional) yang dikenal dengan istilah
ekspor-impor.
Delay
Delay;
Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan.
Conveyor Belt
Conveyor
Belt; Sebuah alat mekanis yang terdiri dari sabuk bergerak terus-menerus yang
mengangkut bahan atau paket dari satu tempat ke tempat lain.
In Flight Service
In
Flight Service; Proses pelayanan penumpang selama di perjalanan atau di dalam
pesawat.
Fragile Goods
Fragile
Goods; Barang – barang yang mudah pecah-belah.
Perishable Goods;
Perishable
Goods; Barang-barang peka waktu.
CIQ
CIQ;
Lembaga pemerintahan yang bertugas mengatur , mengawasi dan mengamankan lalu
lintas keluar masuknya manusia , barang-barang dan makhluk hidup demi tegaknya
kewibawaan pemerintah suatu negara.
OSI (Other Service Information) / SSR
(Special Service Requirement)
OSI
(Other Service Information) / SSR (Special Service Requirement); Informasi
tambahan lainnya yang di berikan kepada penerima pesan untuk mendapatkan
informasi tanpa membutuhkan jawaban dari penerima/ Informasi reservasi mengenai
prosedur tertentu atau lainnya yang membutuhkan penerima untuk menjawab atau
mengambil tindakan dengan segera.