Kiat Menghemat Biaya Akomodasi Saat Liburan

Pengeluaran untuk akomodasi kerap jadi komponen biaya terbesar saat liburan. Banyak orang berusaha berhemat dengan mempersingkat durasi perjalanan. Alhasil, liburan jadi kurang berkesan sebab tempat menarik yang bisa dilihat sangat terbatas.
Sebenarnya, ada banyak cara memangkas biaya akomodasi tanpa mengurangi durasi perjalanan. Anda juga tak harus selalu mengorbankan kenyamanan. Coba simak beberapa kiat berikut ini untuk mendapatkan akomodasi lebih murah bahkan gratis!

Menginap Di Hostel
Kalau anggaran Anda terbatas, menginaplah di hostel. Hostel menyediakan kamar asrama bertarif murah dengan fasilitas yang dipakai bersama. Makin banyak penghuni sebuah kamar asrama, maka tarifnya akan semakin murah. Kalau Anda tak ingin berbagi kamar, banyak hostel juga menyediakan kamar privat layaknya hotel tetapi dengan fasilitas lebih sederhana.
Ada hostel yang diperuntukkan hanya untuk anak muda dengan cara membatasi usia penghuninya. Namun tak sedikit pula yang terbuka untuk semua kalangan, bahkan mereka tak keberatan dengan tamu anak-anak. Jadi sebelum memutuskan menginap di sebuah hostel, pastikan Anda membaca dengan baik informasinya.

Lakukan Perjalanan Malam Hari
Anda bisa menghindari biaya akomodasi dengan melakukan perjalanan pada malam hari. Pilihlah bus atau kereta yang berangkat pada sore atau malam hari, dan tiba di lokasi tujuan esok paginya. Di banyak negara, tersedia bus atau kereta dengan tempat tidur sehingga penumpang bisa beristirahat dengan nyaman.

Berkunjung saat musim sepi turis
Tarif penginapan seperti harga tiket pesawat, bisa berubah secara signifikan menurut permintaan pasar. Kalau Anda ingin tarif yang lebih murah, berkunjunglah saat musim sepi turis. Musim panas adalah masa puncak kunjungan turis di negara-negara Belahan Bumi Utara, dan sebaliknya justru musim sepi turis di destinasi wisata populer Timur Tengah seperti Dubai dan Abu Dhabi.
Sedangkan di negara-negara Indochina, musim ramai turis terjadi pada bulan November-Februari. Jadi, berkunjunglah di luar bulan-bulan tersebut.

Pesan lewat situs reservasi
Ada banyak keuntungan kalau Anda memesan akomodasi lewat situs reservasi. Biasanya mereka menawarkan tarif menginap yang lebih murah dengan rentang harga yang bisa disesuaikan dengan anggaran. Jangan lupa, beberapa situs reservasi terkenal juga sering menawarkan potongan harga. Cobalah berlangganan newsletter mereka untuk mendapat informasi diskon menarik.

Berkemah
Berkemah menawarkan pengalaman wisata alam yang menyenangkan dan tentunya lebih irit karena Anda tak perlu membayar sewa kamar. Namun patut diingat, tidak semua objek wisata bisa dijadikan lokasi perkemahan. Saat berkemah, patuhi juga peraturan pengelola tempat perkemahan seperti tidak membuang sampah atau membuat api unggun sembarangan.

Harga peralatan berkemah memang tidak murah sehingga kalau jarang digunakan malah terasa boros. Namun Anda bisa menyewa atau meminjamnya untuk menghemat biaya.

Bergabung Di Couchsurfing
Couchsurfing adalah situs komunitas beranggotakan orang-orang seluruh dunia yang membuka rumah mereka untuk para pejalan. Anggota Couchsurfing tidak diperkenankan memungut biaya jika ada anggota lain menginap di rumahnya. Jadi, layanan ini seratus persen gratis.
Untuk menjamin keamanan anggotanya, Couchsurfing menerapkan sistem verifikasi dan testimoni. Anggota yang sudah terverifikasi serta memiliki banyak testimoni akan semakin mudah mendapatkan tumpangan. Salah satu cara untuk mendapat banyak testimoni adalah selalu aktif dalam pertemuan atau kegiatan yang digelar anggota Couchsurfing di kota Anda.
Selain Couchsurfing, situs komunitas serupa yang memiliki fungsi hampir sama antara lain www.hospitalityclub.org, www.globalfreeloaders.com, www.stay4free.com dan www.triptrotting.com.

Menyewa Rumah Atau Apartemen
Saat ini ada banyak situs internet yang menawarkan rumah atau apartemen yang bisa disewa secara harian. Properti pribadi yang disewakan ini biasanya sudah lengkap dengan perabotan, termasuk peralatan dapur untuk memasak. Tarifnya lebih murah dari hotel dan bisa diisi lebih banyak orang sehingga makin menghemat biaya. Cara ini benar-benar ekonomis kalau Anda berangkat bersama rombongan.Kunjungi juga blog Hairun Fahrudin di easybackpacking.blogspot.com

Sumber : www.yahoo.com