Kiat Menghindari Biaya Tambahan Pada Tiket Murah

Siapa yang tidak tergoda dengan tiket supermurah yang ditawarkan maskapai berbiaya rendah? Namun, semua orang perlu tahu bahwa masih ada bermacam-macam ongkos tambahan yang tidak tercantum di iklan maskapai murah. Jika konsumen tidak jeli, harga yang harus dibayar bisa beberapa kali lipat dari tarif yang diiklankan.
Banyaknya ongkos tambahan ini sering mengundang kritik dari konsumen. Percaya tidak, sebuah maskapai murah asal Eropa pernah berencana menarik ongkos bagi penumpang yang ingin menggunakan toilet pesawat. Untungnya, rencana itu tak terlaksana karena ada protes keras dari konsumen.
Meski tidak semua biaya tambahan ini bisa dihilangkan, ada beberapa cara untuk menekan jumlahnya. Simak panduan berikut ini untuk menghindari ongkos tambahan yang tak perlu.

Bersahabat Dengan Internet
Untuk mendapatkan tawaran harga terbaik, Anda harus memesan tiket melalui situs resmi maskapai penerbangan. Konsumen akan dibebankan biaya pemesanan yang lebih mahal kalau membeli tiket lewat agen. Selain itu, tarif promosi yang sering diiklankan biasanya hanya berlaku untuk pembelian lewat situs resmi.

Lakukan Check–In Mandiri
Dengan dalih efisiensi, ada maskapai penerbangan yang menarik biaya bagi penumpang yang memilih check-in di bandara. Barangkali ini terdengar mengada-ada dan merugikan konsumen. Bukankah sudah menjadi kewajiban semua maskapai penerbangan untuk melayani penumpang yang check-in?
Sayangnya, Indonesia belum punya peraturan untuk melarang ongkos tambahan ini. Satu-satunya cara menghindarinya adala dengan melakukan check-in mandiri via Internet atau lewat aplikasi khusus di telepon seluler. Minta bantuan teman atau keluarga bila Anda belum familiar.

Abaikan Tawaran Asuransi
Konsumen awam mungkin akan terusik dengan tawaran asuransi yang muncul saat memesan tiket lewat Internet. Tak perlu ragu untuk mengklik “tidak” karena semua penumpang sebenarnya sudah diasuransikan. Itu hanya asuransi tambahan yang memberi Anda perlindungan ganda. Kalau Anda berminat dengan asuransi tambahan, sebaiknya langsung membeli lewat kantor perusahaan asuransi yang menawarkan program perlindungan lebih lengkap dengan tarif jauh lebih murah.

Cukup Bawa Tas Kabin
Apakah mungkin terbang ke luar negeri hanya berbekal tas kabin yang beratnya di bawah 7 kg? Sangat mungkin dan banyak orang sudah melakukannya untuk menghindari biaya bagasi yang mahal.
Tak sulit menemukan layanan pencucian baju di lokasi wisata populer di negara-negara Asia. Jadi, mengapa Anda harus membawa banyak pakaian? Barang-barang yang bisa didapatkan dengan mudah di lokasi tujuan sebaiknya juga tak perlu dibawa.
Misalnya makanan, sabun, shampo dan berbagai produk perawatan tubuh lainnya. Meski kelihatan sepele, ini bisa mengurangi berat barang bawaan secara signifikan.
 
Abaikan Tawaran Memilih Kursi
Anda tak perlu tergoda dengan iming-iming kursi yang nyaman atau tawaran naik ke pesawat lebih dulu karena semua itu tidak diberikan secara gratis. Pikirkan lagi, apakah Anda perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk mendapatkan kursi di dekat jendela? Lagipula, Anda masih bisa mendapatkan tempat duduk nyaman tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
Anggota rombongan kecil atau pasangan yang check-in bersamaan otomatis akan mendapatkan kursi yang berdekatan. Seperti penerbangan lainnya, maskapai murah biasanya juga memberi kesempatan lebih dulu bagi orang usia lanjut dan penumpang yang membawa anak kecil untuk naik ke pesawat. Kalau Anda masuk kategori tersebut, tak perlu mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk naik ke pesawat lebih dulu.

Jangan Membeli Makanan Di Pesawat
Makanan yang dijual di pesawat harganya jauh lebih mahal dari toko di darat. Sebagai alternatif, Anda bisa membawa makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran. Namun harus diingat, Anda tidak dibolehkan membawa minuman saat melewati pemeriksaan di bandara. Namun, makanan dalam bentuk padat masih bisa dibawa ke dalam kabin.
Beberapa maskapai penerbangan melarang penumpangnya mengonsumsi makanan yang dibawa sendiri. Meskipun begitu, tidak ada aturan resmi mengenai hal ini. Jika ingin konsumsi makanan yang dibawa sendiri, sebaiknya Anda melakukannya secara tidak mencolok supaya terhindar dari perhatian awak kabin.

Periksa Ulang Sebelum Konfirmasi Pembayaran
Saat memesan tiket lewat Internet, beberapa biaya tambahan baru muncul setelah kita mengisi data diri dan siap mengonfirmasi pembayaran. Tentunya ini agak menjengkelkan karena seolah-olah perusahaan penerbangan menyembunyikan harga asli yang harus dibayar konsumen.
Tiap maskapai penerbangan punya istilah yang berbeda untuk menyebut biaya tambahan ini. Ada yang menyebutnya convenience fee, biaya pemesanan, biaya administrasi, dan masih banyak istilah lainnya. Perbedaan ini membuat konsumen makin kesulitan membandingkan harga serta menghitung ongkos tiket keseluruhan. Karena itu, sebelum mengonfirmasi pembayaran, pastikan Anda memeriksa ulang semua biaya yang harus dikeluarkan.


Sumber : Hairun Fahrudin from www.yahoo.com



8 Bocoran "Orang Dalam" Untuk Tiket Pesawat Murah

Sebagai institusi bisnis, maskapai penerbangan tentu berusaha mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. “Mereka ingin konsumen membayar setinggi-tingginya, sesuai kemampuan. Ini kebalikan dari keinginan konsumen,” kata Joe Bracantelli, pendiri website JoeSentMe.com
Untuk satu kali terbang, kata Bracantelli, bisa terdapat puluhan kategori harga. "Pada pesawat dengan 150 kursi, bisa terdapat 50 tarif yang berbeda.”
Kami berbicara dengan Brancatelli dan ahli industri travel lainnya tentang trik memotong biaya perjalanan. Berikut adalah delapan rahasia dari "orang dalam" untuk memesan tiket pesawat lebih murah.

Pesanlah Tiket Enam Pekan Sebelum Berangkat
Calon penumpang akan mendapat tarif termurah, sekitar 6 persen di bawah tarif rata-rata, jika memesan enam pekan sebelum jadwal terbang, menurut penelitian Airline Reporting Corporation (ARC).
Data dari seluruh agen perjalanan di AS pada empat tahun terakhir menunjukkan, banyak orang memesan tiket dengan tarif termurah pada 42 hari sebelum terbang. Tetapi aturan enam pekan tersebut tidak mutlak unutk mendapat tarif termurah. "Itu hanya tren," jelas Chuck Thackston, direktur manajer ARC untuk data dan analisis. “Tetapi, rata-rata, kami lihat pendekatan 42 hari sebelumnya ini berhasil."

Carilah Penerbangan Pagi
Maskapai penerbangan hanya memberikan sedikit jatah kursi yang didiskon pada malam hari, jadi Thackston menyarankan untuk memesannya pada pagi buta. "Kalau pesan siang hari, kemungkinan kehabisan," katanya.

Waktu Terbaik Untuk Membeli Tiket : Selasa Pukul 15.00
Jika Anda tidak menemukan tiket yang didiskon pada pagi hari, sebuah penelitian oleh Farecompare.com mengatakan bahwa waktu terbaik untuk membeli tiket pesawat untuk perjalanan (domestik) adalah pada Selasa pukul 15.00. Namun, George Hobia, pendiri AirfareWatchdog.com, berargumen bahwa waktu penawaran terbaik sering berubah-ubah, jadi tidak ada hari dan waktu yang spesifik untuk membeli.

Hari Termurah Untuk Terbang : Rabu
Menurut penelitian Farecompare.com baru-baru ini, hari termurah untuk terbang adalah Rabu, untuk perjalanan domestik. "Hari dengan kursi terbanyak mengindikasikan suplai yang lebih baik, lalu.... lebih banyak kursi kosong yang membutuhkan potongan harga supaya bisa terjual banyak," menurut website tersebut.
Hari termurah lainnya untuk terbang adalah Selasa dan Sabtu, jelas Farecompare (Jumat dan Minggu adalah hari termahal untuk terbang).

Ambil Penerbangan Pertama
            Penerbangan paling murah adalah penerbangan pertama di pagi hari. "Ya, berarti Anda harus bangun pada jam 4 pagi," kata Rick Seaney, kepala eksekutif Farecompare.com. Penerbangan termurah selanjutnya adalah pada saat setelah makan siang dan pada saat jam makan malam. "Tentu saja, waktu termurah untuk terbang adalah penerbangan terbatas ketika mata Anda merah (masih mengantuk)," katanya.

Periksa Sendiri Maskapai Termurah
Website pembanding harga seperti Kayak.com tidak mutlak menyelesaikan tugas Anda. Beberapa maskapai bertarif murah, seperti Southwest di AS dan Ryanair di Eropa, tidak membolehkan tiket mereka dibandingkan di website pembanding harga, kata Seaney. Jadi silakan Anda memeriksanya sendiri.
Dan periksa lebih teliti untuk memastikan bahwa maskapai "bertarif murah" tersebut tidak membebankan biaya ekstra yang jatuhnya akan lebih mahal, seperti biaya barang bawaan ekstra. Menurut Seaney, ini taktik yang digunakan beberapa maskapai bertarif murah.

Manfaatkan AirfareWatchdog.com
AirfareWatchdog.com akan mengirimkan pemberitahuan ketika harga tiket jatuh. "Kami hanya mengirim update ketika kami rasa kami berhasil mendapat penawaran terbaik, namun website lain mungkin akan memberitahu Anda ketika tiket pesawat turun 2 dollar," kata George Hobia.

Bangun Jaringan Dengan Maskapai
Jika Anda adalah anggota  VIP dari program pelanggan dari maskapai atau jika Anda memiliki kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai tersebut, secara otomatis Anda lebih unggul dari calon pembeli lain. "Semakin maskapai mengenal Anda, semakin besar potongan harga yang akan Anda terima," jelas Barncatelli.
Kartu kredit yang bekerja sama dengan maskapai menawarkan tawaran yang lebih, seperti bagasi gratis, menjadi prioritas untuk berangkat dan dalam pemilihan kursi, jadi mungkin akan sangat berguna untuk mendaftar jika Anda sering bepergian dengan satu maskapai tertentu.

Sumber : Daniel Bortz from www.yahoo.com


7 Wonders

Tembok Raksasa China

Tembok Raksasa Cina atau Tembok Besar Cina  merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Panjangnya adalah 6.400 kilometer (dari kawasan Sanhai Pass di timur hingga Lop Nur di sebelah barat) dan tingginya 8 meter dengan tujuan untuk mencegah serbuan bangsa Mongol dari Utara pada masa itu. Lebar bagian atasnya 5 meter, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 meter. Setiap 180-270 meter dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 meter. Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Semula, diperkirakan Qin Shi-huang yang memulai pembangunan tembok itu, namun menurut penelitian dan catatan literatur sejarah, tembok itu telah dibuat sebelum Dinasti Qin berdiri, tepatnya dibangun pertama kali pada zaman negara-negara berperang. Kaisar Qin Shi-huang meneruskan pembangunan dan pengokohan tembok yang telah dibangun sebelumnya. Sepeninggal Qin Shi-huang, pembuatan tembok ini sempat terhenti dan baru dilanjutkan kembali di zaman Dinasti Sui, terakhir dilanjutkan lagi di zaman Dinasti Ming. Bentuk Tembok Raksasa yang sekarang kita lihat adalah hasil pembangunan dari zaman Ming tadi. Bagian dalam tembok berisi tanah yang bercampur dengan bata dan batu-batuan. Bagian atasnya dibuat jalan utama untuk pasukan berkuda Cina. Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.
 

Piramida Agung Giza

Piramida Agung Giza adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza dan merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia. Dipercaya bahwa piramida ini dibangun sebagai makam untuk firaun dinasti keempat Mesir, Khufu (Χεωψ, Cheops) dan dibangun selama lebih dari 20 tahun dan diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM. Piramida ini kadang-kadang disebut sebagai Piramida Khufu.


Chichén Itzá
Chichén Itzá adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan (kini wilayah Meksiko). Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang.


Patung Kristus Penebus
Patung Kristus Penebus (bahasa Portugis: Cristo Redentor) adalah patung Yesus Kristus dengan gaya arsitektur Art Deco terbesar dan terdapat di Rio de Janeiro, Brasil. Patung memiliki tinggi 38 meter dan terletak di puncak dari Gunung Corcovado yang tingginya 710 meter di Taman Nasional Hutan Tijuca, yang menghadap ke kota. Patung ini menjadi simbol umat Kristen, dan menjadi simbol kebanggaan kota. Tangan patung ini yang terbuka dilihat banyak orang sebagai tanda dari kehangatan penduduk Brasil.
Sejarah
Gagasan untuk membangun sebuah patung yang besar di puncak Corcovado telah muncul sejak pertengahan 1850-an, ketika imam Katolik Pedro Maria Boss meminta dana dari Putri Isabel untuk membangun sebuah monumen keagamaan yang besar. Putri Isabel tidak menanggapi gagasan itu, yang kemudian sama sekali dilupakan pada 1889, ketika Brasil menjadi republik, dengan undang-undang yang mewajibkan pemisahan gereja dari negara. Usul kedua untuk sebuah markah tanah yang besar berupa patung di gunung itu dibuat pada 1921 oleh Keuskupan Agung Rio de Janeiro. Keuskupan Agung mengorganisir sebuah acara yang disebut Semana do Monumento ("Minggu Monumen") untuk menarik para penyumbang, yang kebanyakan berasal dari Katolik Brasil. Rancangan-rancangannya dipertimbangkan untuk "Patung Kristus" termasuk sebuah representasi dari salib Kristen, sebuah patung Yesus dengan bola dunia di tangannya, dan sebuah pedestal yang melambangkan dunia. Akhirnya patung Kristus Sang Penebus dengan tangan yang terbuka yang dipilih.


Machu Picchu
Machu Picchu ("Gunung Tua" dalam bahasa Quechua; sering juga disebut "Kota Inca yang hilang") adalah sebuah lokasi reruntuhan Inca pra-Columbus yang terletak di wilayah pegunungan pada ketinggian sekitar 2.350 meter diatas permukaan laut. Machu Picchu berada di atas lembah Urubamba di Peru, sekitar 70 km barat laut Cusco.
Sejarah
Merupakan simbol Kerajaan Inka yang paling terkenal. Dibangun pada sekitar tahun 1450, tetapi ditinggalkan seratus tahun kemudian, ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari Universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun 1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing. Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu. Situs tersebut telah ditunjuk sebagai Situs Warisan dunia UNESCO sejak tahun 1983, Machu Picchu juga merupakan salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia baru, juga mendapatkan perhatian akibat kerusakan yang ditimbulkan oleh pariwisata (jumlah pengunjung mencapai 400,000 pada tahun 2003). Pada bulan September tahun 2007, Peru melakukan usaha-usaha legal dengan hasil tercapainya sebuah persetujuan dengan Universitas Yale untuk mengambil kembali artifak-artifak yang pernah dibawa oleh Bingham dari situs tersebut pada awal abad ke-20.


Colloseum
Pada 7 Juli 2007, terpilih sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia hasil pilihan 100 juta orang via email dan sms yang diadakan oleh Swiss Foundation. Situs ini terletak di ibukota negara Italia, Roma, yang didirikan oleh Raja Vespasian pada masa Kekaisaran Romawi dan diselesaikan oleh anaknya Titus, dan menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Romawi yang pernah dibangun.  Mengenai tahun pembuatannya sampai saat ini masih ada perbedaan keyakinan. Ada yang berpendapat bahwa Koloseum dibuat pada tahun 79 SM , ada juga yang berpendapat bahwa dibuat antara tahun 70-82 M .Tapi, kebanyakan arkeolog berpendapat bahwa Koloseum dibuat pada tahun 70-82 M. Asal nama Koloseum berasal dari sebuah patung setinggi 130 kaki atau 40 m yang bernama Colossus. Koloseum dirancang untuk menampung 50.000 orang penonton. Di Koloseum pada saat itu adalah tempat penyelenggaraan sebuah pertunjukan yang spektakuler, yaitu sebuah pertarungan antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera). Selama ratusan tahun itu, diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati di pertunjukkan Koloseum.


Petra Jordania
Petra yang juga terkenal dengan sebutan The Red Rose City berada di hamparan lembah cadas Wadi Araba, dikelilingi Gunung Harun atau Jabal Harun atau juga disebut Gunung Hor atau El-Barra. Petra dulunya merupakan Ibukota Kerajaan Nabatean. Kota ini didirikan sekitar sembilan tahun Sebelum Masehi hingga tahun 40 M oleh Raja Aretas IV.Ketika itu, Kota Petra menjadi kota pertahanan yang sangat unggul, baik dari serangan musuh maupun sergapan badai pasir gurun. Di sebuah batu di situ tertera data, pada tahun 713 SM daerah itu sudah ada. Pada abad ke-4 SM, kawasan ini telah dipakai sebagai rute perdagangan dunia di jaman tersebut yakni perjalanan dari selatan Yordania menuju kawasan Laut Mati. Waktu itu, Suku Nabatean yang merupakan salah satu rumpun bangsa Arab kuno, menjadi penghuni lembah indah ini. Dari Ibukota Amman, perlu waktu perjalanan darat sekitar 3 jam untuk sampai di Petra. Sekitar dua ratus meter dari gerbang masuk Petra, kita akan langsung disuguhi pemandangan batuan alam yang sangat menakjubkan di sisi kiri kanan lembah. Jika cuaca baik, naungan langit biru kian mempercantik hamparan bukit-bukit batu Petra. Terlebih lagi bila cahaya matahari pagi atau sore menerobos celah-celah bukit. Luar biasa. Dijamin Anda akan terpesona tak habis-habisnya menikmati keindahan karya Sang Pencipta ini. Sepanjang perjalanan menelusuri lorong dinding-dinding batu merah Petra, nyaris tak ada sampah sejumput pun. Kecuali satu dua bekas kotoran unta dan kuda yang telah mengering. Unta dan kuda menjadi kendaraan utama untuk mengangkut wisatawan yang tak mampu lagi berjalan kaki menyusuri jalanan pasir lembah Petra. Dalam sekali perjalanan mulai dari gerbang hingga menjelang ujung, penyewa kuda atau unta akan dipungut biaya 25-30 dolar AS. Segala rasa lelah menyusuri jalan setapak seolah lenyap saat kita menikmati pesona keindahan Petra. Apalagi ketika sampai di sebuah tempat teater yang diperkirakan mampu menampung 2.000-4.000 orang. Gerbang Makam Hellenistis dengan pilar-pilar penyangga menjulang ke langit itu berdiri megah dan gagah setinggi 42 meter. Pahatan gaya arsitektur Romawi sempat terekam di Petra ketika, kerajaan besar itu menguasai kawasan ini tahun 100-an Masehi berbaur dengan gaya Hellenistik dan Assyrian.



Terminologi Pariwisata

Adult
Adult; kategori dewasa dalam tiket, tidak akan mendapat diskon pada saat pembelian tiket.
Airport Service Charge / Passenger Service Charge
Airport Service Charge / Passenger Service Charge; Biaya yang dibebankan oleh pengelola bandara kepada penumpang pesawat udara yang menggunakan pelayanan bandar udara yang bersangkutan karena ikut memanfaatkan jasa-jasa pelayanan dan penggunaan fasilitas terminal bandar udara tersebut.
Auxiliary Service Operator
Auxiliary Service Operator; Penyelenggara atau penyedia pelayanan meliputi akomodasi hotel, tour, car rental, air taxi, maupun surface transportation yang berkaitan dengan perjalanan penumpang.
Baggage Allounce
Baggage Allounce; Kapasitas bagasi/barang  yang boleh dibawa oleh penumpang untuk keperluan atau kenyamanan penumpang selama dalam perjalanan.
Baggage Claim Area
Baggage Claim Area; tempat/area pengambilan bagasi di airport.
Baggage Tag
Baggage Tag; Tanda pengenal dari bagasi atau nomor bagasi.
Boarding Pass
Boarding Pass; alat/syarat yang memungkinkan Anda untuk menaiki pesawat terbang.
Boarding Airline / Boarding Member
Boarding Airline; Penerbangan atau airline yang mengangkut penumpang dari suatu kota keberangkatan atau boarding point.
Boarding Point
Boarding Point; kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan berangkat memakai suatu penerbangan tertentu.
Booking / Reservation
Booking / Reservation; pemesanan tempat atau akomodasi yang dibuat atau dimiliki penumpang.
Cancellation Fee
Cancellation Fee; Pembayaran atas pembatalan.
Carrying Member / Carrying Airline
Carrying Member / Carrying Airline; Setiap airline yang ikut aktif mengangkut dalam suatu perjalanan penumpang.
Charter Airline
Charter Airline; Bisnis menyewa seluruh pesawat (yaitu, penyewaan) sebagai lawan kursi pesawat individu (yaitu,
pembelian tiket melalui maskapai tradisional).
Check-in
Check-in; tindakan yang dilakukan oleh tamu atau penumpang untuk melaporkan diri kepada pihak hotel maupun airline.
Children
Children; Children (2tahun - 12tahun), kategori anak-anak yang akan dikenakan diskon pada saat pengissuedtan tiket. Akan tetapi, penerbangan lokal Indonesia hanyalah Garuda Indonesia yang memberikan diskon pada anak-anak.
Continue Itinerary
Continue Itinerary; Segmen lanjutan (tidak termasuk Gap) yang dimiliki penumpang dalam suatu perjalanan.
Computer Reservation System (CRS)
Computer Reservation System (CRS); Sistim komputer yang memuat informasi tentang jadwal penerbangan, ketersediaan tempat (seat), harga (fare) dan pelayanan (service) lainnya yang terkait dengan perjalanan penumpang. Sistim ini juga dapat untuk melakukan transaksi reservasi dan proses pengeluaran tiket.
Connecting Flight
Connecting Flight; pemberhentian pesawat terbang di suatu tempat tertentu, kemungkinan untuk pergantian pesawat, biasanya terjadi pada penerbangan internasional.
Destination
Destination; tempat tujuan penerbangan, tempat yang merupakan tujuan akhir dari suatu perjalanan.
Deplanning point
Deplaining point; Kota atau airport tempat penumpang dijadwalkan mengakhiri perjalanannya dalam suatu penerbangan tertentu.
Direct Flight
Direct Flight; Penerbangan langsung dari origin point menuju destination tanpa ada transit.
Duplicate Reservation
Duplicate Reservation; Dua pembukuan atau lebih yang dibuat oleh seseorang atau beberapa penumpang yang sama, sedangkan penumpang tersebut hanya dapat menggunakan salah satu dari reservasi tersebut.
Endorsement
Endorsement; Otorisasi dari perusahaan penerbangan kepada pejabatnya untuk memindahkan hak pemakaian dari ticket atau flight coupon kepada perusahaan penerbangan yang lain.
Estimate Time Arrival (ETA)
Estimate Time Arrival (ETA); Ketika sebuah  kapal, kendaraan, pesawat, kargo, layanan darurat atau komputer diharapkan tiba di tempat tertentu. ETA Biasanya berarti - perkiraan waktu / diharapkan dari kedatangan / untuk mencapai / tersisa.
Estimate Time Departure (ETD)
Estimate Time Departure (ETD); Data dan waktu di mana perjalanan udara atau kapal diperkirakan akan berangkat dari sebuah kota melalui bandara atau pelabuhan.
Exchange Voucher
Exchange Voucher; Voucher yang di keluarkan oleh BPW yang ada di dalam negeri sebagai pengganti voucher yang di bawa wisatawan dari negaranya.
Fare
Fare; harga yang dikenakan pada penumpang ketika membeli tiket. Fare terdiri dari Fare basic, Fuel Surcharge, Tax, dan Iuran Wajib Jasa Raharja.
Flight Coupon
Flight Coupon; kupon yang harus diisi sesuai dengan data reservasi penerbangan.
Flight Number
Flight Number; nomor penerbangan suatu airline.
Gap
Gap; Bagian dari Itinerary penumpang yang melibatkan transportasi lain di luar airline. Untuk airport yang berbeda tetapi berlokasi pada satu kota yang sama, tidak dikategorikan sebagai Gap.
Group
Group; Permintaan reservasi dari rombongan penumpang dengan jumlah sepuluh orang atau lebih (tidak termasuk bayi) yang bermaksud melakukan perjalanan bersama.
High Season
High Season; masa dimana permintaan terhadap kamar/tiket sangat tinggi, sehingga hotel dan airline sering menaikkan harga kamar/tiket. High season terjadi pada hari-hari besar seperti Natal, Idul Fitri, Tahun Baru, dll.
Inadmissible Passenger
Inadmissible Passenger; Penumpang yang tiba dari suatu penerbangan tetapi kedatangannya ditolak oleh badan yang berwenang di negara tersebut.
Incentive Travel
Incentive Travel; Perjalanan liburan diatur oleh atau melalui majikan dan diberikan sebagai bonus motivasi untuk kualifikasi karyawan atau penjual.
Handicap Passenger
Handicap Passenger; Penumpang yang cacat. Untuk itu, airline selalu memberikan fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan oleh penumpang yang cacat, seperti kursi roda, dll.
Infant
Infant; Infant (0bulan – 23bulan), memiliki tingkat diskon yang mencapai 75% dari total fare.
Inclusive Tour
Inclusive Tour; Paket wisata (package tour, inclusive tour) diartikan sebagai suatu perjalanan wisata dengan satu atau lebih tujuan kunjungan yang disusun dari berbagai fasilitas perjalanan tertentu dalam suatu acara perjalanan yang tetap, serta dijual dengan harga tunggal yang menyangkut seluruh komponen dari perjalanan wisata. Sebelum memahami paket wisata, harus dipastikan apakah dalam rangkaian komponen-komponen wisata tersebut terdapat acara mengunjungi objek/atraksi wisata. Bila hanya paket perjalanan (transportasi) dan akomodasi saja, tidak dapat dikatakan paket tour. Paket tersebut hanyalah paket perjalanan Free and Eazy, sementara program tour bisa dipilih sendiri (biasanya memilih seat-in-coach/SIC yang biasanya tersedia di hotel-hotel ).
Interchange Flight
Interchange Flight; Penerbangan yang dioperasikan oleh dua atau lebih perusahaan penerbangan dengan menggunakan peswat yang sama dari suatu boarding point sampai deplaning point untuk memberikan keuntungan perjalanan langsung kepada penumpang.
Interline point
Interline point; Setiap kota atau airport dalam suatu itinerary penumpang, tempat penumpang berganti atau berpindah penerbangan dari suatu airline ke airline lainnya.
Itinerary
Itinerary; Keseluruhan perjalanan penumpang dari awal hingga akhir, meskipun di dalamnya terdapat atau dipisahkan oleh gap.
Late Cancelation
Late Cancelation; Pembatalan reservasi yang dilakukan penumpang menjelang saat keberangkatan sehingga airline tersebut tidak mungkin menjualnya kembali.
Leg
Leg; jarak antara pemberhentian penerbangan yang berurutan pada satu perjalanan.
Low Season
Low Season; Suatu periode dalam setahun dimana arus perjalanan wisatawan rendah.
Married Segment
Married Segment; Penggabungan antara connecting flight dengan leg yang hanya mempunyai perbedaan pada origin dan destination.
Minimum Connecting Time
Minimum Connecting Time; Waktu minimum yang dibutuhkan  operator untuk mentransfer penumpang dan bagasi dari satu penerbangan ke penerbangan yang lain.
Missconnection
Missconnection; Suatu situasi yang terjadi apabila seorang penumpang yang terlambat tiba di interline point akibat dari terlambatnya penerbangan, sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan dengan penerbangan berikutnya.
Miscellaneous Chargers Order
Miscellaneous Chargers Order; Suatu situasi yang terjadi apabila seorang penumpang yang terlambat tiba di interline point akibat dari terlambatnya penerbangan, sehingga tidak dapat melanjutkan perjalanan dengan penerbangan berikutnya.
No Record Passenger
No Record Passenger; Suatu keadaan ketika penumpang yang telah memiliki reservasi dan menunjukkan tiket dengan status confirm atau ok, tetapi airline office dari boarding member di kota tersebut tidak memiliki catatan transaksi (record) yang menyatakan bahwa airline pernah memberikan reservasi kepada penumpang tersebut atau menerima reservasi dengan status confirm atau ok seperti yang tertera pada tiket.
No Show Passenger
No Show Passenger; Suatu kelalaian penumpang untuk menggunakan penerbangan yang telah dipesan atau dibuatnya. No Show terdiri dari kata No = Tidak dan kata Show = Lihat, jadi secara umumnya No Show dapat diartikan tidak terlihat atau tidak kelihatan. Kenapa No Show bisa terjadi? Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya No Show.
Penumpang yang tidak hadir karena alasan tertentu. Penumpang yang tidak hadir pada saat pesawat akan berangkat dan dia mempunyai reservasi pada jadwal penerbangan itu, maka penumpang ini disebut telah No Show.
Kelalaian pihak airlines atau travel agent. Kelalaian dalam membatalkan reservasi oleh pihak airlines atau travel agent dimana penumpang sebelumnya sudah melakukan konfirmasi untuk membatalkan perjalanannya kepada bagian reservasi airlines atau travel agent.
Reservasi fiktif. Adanya reservasi yang telah reconfirm namun fiktif atau lain kata tiket untuk reservasi tersebut tidak ditulis dan penumpang atas nama seperti yang tertera pada reservasi tersebut tidak ada. Hingga sampai pada saat pesawat sudah terbang reservasi ini tidak dibatalkan oleh si pembuat reservasi.
Untuk penumpang yang No Show ini biasanya masing masing Airlines menetapkan atau mengenakan biaya kepada penumpang atas ketidak hadirannya tersebut atau juga kepada pembuat reservasi atas kelalaiannya tersebut. Besarnya biaya yang dikenakan tergantung dari masing masing airlines.
Non Carrying Airline / Non Participating Airline
Non Carrying Airline / Non Participating Airline; Airline yang tidak ikut berpartisipasi dalam menerbangkan penumpang, tetapi menangani permintaan atau pembuatan reservasinya.
Opendate Ticket
Opendate Ticket; Tiket penerbangan yang telah di terbitkan dengan tanggal keberangkatan dan atau nomor penerbitan yang belum bisa di pastikan. Bagi pemegang tiket terbuka yang akan melakukan penerbangan, lebih dahulu harus meminta kepastian (konfirmasi) kepada perusahaan penerbangan.
Originating Airline / Originating Member
Originating Airline / Originating Member; Airline yang mengawali pengangkutan penumpang sesuai dengan portion pertamanya di dalam suatu itinerary penumpang.
Origin
Origin; Kota awal sebelum keberangkatan dimana seorang penumpang memulai perjalanan.
Over Booking
Over Booking; Sutu keadaan ketika perusahaan airline melakuakn penerimaan reservasi melebihi kepasitas yang dapat dijual.
Over Sale
Over Sale; Sebuah kondisi dimana harga sebuah aset telah merosot tajam, dan ketingkat bawah yang nilai sebenarnya berada.
Passenger Name Record
Passenger Name Record; Catatan transaksi reservasi yang telah dibuat oleh setiap penumpang, lengkap dengan berbagai informasi yang diperlukan untuk memproses dan mengontrol transaksi reservasi tersebut, baik oleh kantor penjualan maupun participating airlines.
PNR Address
PNR Addres; Suatu nomor file referensi yang diberikan oleh sistem komputer reservasi untuk setiap transaksi reservasi atau Passenger name Record.
Predesignated Points
Predesignated Points; Alamat kota atau lokasi dari masing-masing airline sebagai  tujuan pengiriman ataupun permintaan transaksi reservasi.
Preflight Checked
Preflight Checked; Prosedur yang dilakukan oleh masing-masing airline untuk melakukan check terhadap seluruh catatan transaksi reservasinya guna memastikan seluruh transaksi reservasi telah benar.
Prepaid Ticket Advice (PTA)
Prepaid Ticket Advice (PTA); Pemberitahuan melalui teletype komersial atau surat bahwa seseorang dalam satu kota dapat meminta penerbitan prabayar transportasi ke orang lain di kota lain.
Reconfirmation
Reconfirmation; ketentuan yang digunakan oleh beberapa airline yang mengharuskan penumpang melapor kembali atau menghubungi airline tersebut guna memastikan keberangkatan nya atas transaksi reservasi yang dimiliki atau yang telah dibuatnya.
Rebooking
Rebooking; Perubahan terhadap jam dan jadwal pembukuan.
Revalidation
Revalidation; Stempel resmi atau penulisan pada kupon penerbangan atau pada flight coupon yang menunjukkan bahwa itu telah resmi di ubah oleh pihak pengangkut.
Change Date
Change Date; Perubahan tanggal  atau jadwal tiket penerbangan sesuai dengan keinginan penumpang.
Schedule Airline
Schedule Airline; Jadwal penerbangan dari suatu airline yang diumumkan secara resmi melalui time table atau Official Airline Guide (OAG) denagn menggunakn 2/3 kode angka / huruf yang merupakan singkatan dari airline dan kota-kota yang diterbangi, yaitu 3 letter city / airport codes.
Schedule Change
Schedule Change; Setiap perubahan jadwal penerbangan yang harus disampaikan kepada setiap penumpang yang telah memiliki reservasi. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan jam keberangkatan / kedatangan., perubahan nomor penerbangan, frekuensi penerbangan, perubahan kelas pembukuan, rute dan sebagainya.
Segment
Segment; Sebuah leg atau sekelompok leg dari boarding point seorang penumpang hingga deplaning point pada suatu penerbangan tertentu.
Go Show
Go Show; Go Show terdiri dari kata Go = Pergi dan kata Show = Lihat, jadi secara kasarnya Go Show berarti pergi dan lihat. Pergi berarti kita sebagai calon penumpang langsung menuju kebandara untuk mendapatkan tiket keberangkatan dan lihat berarti kita melihat apakah ada kemungkinan untuk kita bisa mendapatkan seat untuk perjalanan kita tersebut. Go Show biasanya dilakukan oleh calon penumpang yang mendesak untuk berangkat dimana tiket untuk keberangkatan ini tidak bisa lagi dilakukan reservasinya dikantor penjualan kota airlines maupun di travel agent. Waktu Go Show ini biasanya adalah 2-3 jam sebelum waktu keberangkatan pesawat. Cara mendapatkan seat go show ini sama seperti melakukan reservasi seat pada umumnya, namun yang membedakan adalah reservasi go show hanya dapat dilakukan oleh staff airlines yang bertugas dibandara.
Transit
Transit; Kendaraan penumpang ( pesawat terbang, kereta api, kapal laut, dsb) yang berhenti sementara di suatu tempat tertentu menambah konsumsi, dsb.
Stop Over
Stop Over; Pemutusan atau penghentian perjalanan yang dilakukan atas kehendak dan atas persetujuan sebelumnya oleh airline yang bersangkutan, di satu kota antara tempat keberangkatan dan tujuan.
Arrunk
Arrunk; Waktu kedatangan pesawat tidak diketahui.
Hub and Spoke
Hub and Spoke; Sistem transportasi udara dimana bandara lokal menawarkan transportasi udara ke bandara pusat dimana penerbangan jarak jauh yang tersedia.
Checked Baggage
Checked Baggage; Bagasi terdaftar adalah bagasi penumpang yang di muat khusus di dalam ruang barang pesawat (baggage compartement) setiap bagasi penumpang tersebut akan di berikan lebel baggage atau claim tag dengan demikian semua bagasi penumpang akan terdaftar dan kemungkinan kehilangan bagasi sangat kecil.
Terminal
Terminal; Komponen penting dalam system transportasi yang di representasikan dengan titik dimana penumpang dan barang masuk dan keluar dari system dan juga di sebut sebagai prasarana transportasi jalan untuk keperluan memuat dan menurunkan orang atau barang serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum.
Runway
Runway; Jalur landasan pacu naik turunnya pesawat.
Ticketing Time Limit
Ticketing Time Limit; Batas waktu yang telah ditetapkan oleh Airline, yakni penumpang yang telah memiliki reservasi konfirm harus sudah membeli tiket, atau bagi penumpang yang telah holding tiket tetapi harus direvalidasi ataupun reissued.
Unaccompanied Minor
Unaccompanied Minor; Seorang anak di bawah 12 tahun yang berpergian dengan pengawalan yang  di sediakan oleh perusahaan penerbangan.
Very Important Person (VIP)
Very Important Person (VIP); Penumpang pesawat yang harus mendapat perlakuan yang sangat istimewa.
Excess Baggage
Excess Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat terbang melebihi batas berat yang di tentukan. Untuk setiap KG kelebihan berat barang di kenakan satu persen dari harga tiket kelas eksekutif.
Unchecked Baggage
Unchecked Baggage; Barang bawaan penumpang pesawat udara yang diizinkan untukdibawa masuk dalam kabin penumpang.
Cargo
Cargo; Semua barang yang dikirim melalui udara (pesawat terbang), laut (kapal) atau darat (truk kontainer) untuk diperdagangkan, baik antar wilayah atau kota di dalam negeri maupun antar negara (internasional) yang dikenal dengan istilah ekspor-impor.
Delay
Delay; Keterlambatan keberangkatan dan kedatangan.
Conveyor Belt
Conveyor Belt; Sebuah alat mekanis yang terdiri dari sabuk bergerak terus-menerus yang mengangkut bahan atau paket dari satu tempat ke tempat lain.
In Flight Service
In Flight Service; Proses pelayanan penumpang selama di perjalanan atau di dalam pesawat.
Fragile Goods
Fragile Goods; Barang – barang yang mudah pecah-belah.
Perishable Goods;
Perishable Goods; Barang-barang peka waktu.
CIQ
CIQ; Lembaga pemerintahan yang bertugas mengatur , mengawasi dan mengamankan lalu lintas keluar masuknya manusia , barang-barang dan makhluk hidup demi tegaknya kewibawaan pemerintah suatu negara.
OSI (Other Service Information) / SSR (Special Service Requirement)
OSI (Other Service Information) / SSR (Special Service Requirement); Informasi tambahan lainnya yang di berikan kepada penerima pesan untuk mendapatkan informasi tanpa membutuhkan jawaban dari penerima/ Informasi reservasi mengenai prosedur tertentu atau lainnya yang membutuhkan penerima untuk menjawab atau mengambil tindakan dengan segera.